6 Ciri-ciri Diabetes di Usia Muda, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa ciri ciri orang sakit gula? Diabetes juvenile, atau disebut juga diabetes melitus tipe I, merupakan diabetes melitus yang terjadi pada anak-anak akibat pankreas (organ dalam tubuh yang menghasilkan insulin) tidak menghasilkan insulin sebagaimana mestinya. Anak-anak yang memiliki gangguan ini biasanya membutuhkan bantuan insulin ketika kondisi tubuh tidak memiliki insulin yang cukup untuk memecah gula dalam darah menjadi tenaga. Inilah mekanisme yang bisa menjadi penyebab diabetes tipe-2. Diabetes insipidus adalah penyebab langka dari anak sering buang air kecil. Kondisi ini dapat menjadi penyebab gula darah naik. Hal ini bertujuan agar semakin banyak insulin yang dihasilkan, semakin banyak pula glukosa yang diproses menjadi energi. Biaya yang ditanggung dapat mencakup rawat jalan, rawat inap, hingga operasi. Selain itu, proses penuaan dapat mengakibatkan penurunan fungsi sel beta pankreas sebagai penghasil hormon insulin untuk mengatur kadar gula darah. Untuk mengimbangi kadar glukosa yang melimpah dalam aliran darah, sel-sel penghasil insulin di pankreas (sel beta) akan menghasilkan insulin yang lebih banyak. This da᠎ta h᠎as been done ​by GSA C᠎on te᠎nt G​enerat​or DEMO.


Apa ciri ciri orang sakit gula? Diabetes melitus (DM) atau penyakit kencing manis adalah gangguan metabolisme yang timbul akibat peningkatan kadar gula darah di atas nilai normal yang berlangsung secara kronis. Arteri brakialis adalah arteri utama di lengan atas. Menurut National Institute for Health and Care Excellence (NICE) di Inggris, beberapa risiko yang dapat meningkat akibat kadar gula darah tinggi adalah penyakit jantung, penyakit arteri perifer, dan strok. Sebagian besar anak prapubertas dengan diabetes diklasifikasikan sebagai T1DM, meskipun beberapa anak dengan DMT2 hadir sebelum pubertas terutama mereka yang kelebihan berat badan, obesitas, atau resistensi insulin. Seperti namanya, fenomena fajar biasa terjadi pada pukul 2-8 pagi, di mana tubuh mengeluarkan hormon seperti hormon pertumbuhan, kortisol, glukagon, dan epinefrin, yang dapat meningkatkan resistensi insulin. Dulu, diabetes tipe 2 lebih sering terjadi pada kelompok lanjut usia (lansia). Cara mencegah diabetes di usia muda bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti menjaga pola makan dan olahraga yang rutin. Tetapi, hati beberapa orang tidak melakukannya. Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas berisiko 80 kali lebih mungkin terkena penyakit ini ketimbang orang yang memiliki berat badan ideal.


Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), wanita yang melahirkan bayi dengan berat lebih dari 9 pon juga berisiko lebih besar. Siapa yang lebih berisiko terkena diabetes tipe 2? 2. Terjadinya penyakit genetik yang sudah ada sejak lahir seperti sindrom down dan sindrom Turner. Meskipun daging merah biasanya dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, ada bukti bahwa memakannya meski dalam jumlah kecil dapat meningkatkan risiko diabetes. Meskipun para peneliti tidak yakin bagaimana daging merah menyebabkan peningkatan risiko, kandungan zat besi yang tinggi dapat berperan dengan merusak sel-sel penghasil insulin. Sedangkan subtipe lain, Fibrocalculous pancreatic diabetes, FCPD, diklasifikasikan sebagai penyakit pankreas eksokrin pada lintasan fibrocalculous pancreatopathy yang menginduksi diabetes melitus. Brittle diabetes adalah istilah yang digunakan untuk kondisi diabetes melitus tipe 1 dengan kondisi gula darah yang sulit dikendalikan. Obat diuretik: obat ini digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan penambah cairan, contohnya diuretik thiazide. Beta blocker: golongan obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah, mengobati aritmia (detak jantung tidak teratur), hingga mengurangi kecemasan.


Meningkatnya kadar gula darah ini disebabkan karena berbagai faktor, dan salah satunya adalah karena pola hidup yang tidak sehat serta konsumsi makanan yang tidak teratur. Inilah sebabnya mengapa latihan aerobik secara teratur dan latihan ketahanan dapat menurunkan risiko diabetes seseorang. Hingga saat ini tidak ada obat yang dapat menyebuhkan diabetes tipe 2. Meski demikian, menurunkan berat badan, makan dengan baik, dan berolahraga dapat membantu penderita mengelola penyakit ini. Melansir Mayo Clinic, pada penyakit diabetes tipe 2, ada dua masalah utama yang saling terkait. Siklosporin: obat yang digunakan dalam pengobatan transplantasi ginjal. Protase inhibitor: obat yang digunakan dalam pengobatan HIV/AIDS seperti ritonavir. Minuman populer panas dalam ini sering digunakan untuk panas dalam dan juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Melansir WebMD, jika tubuh tidak memproduksi insulin atau jika tubuh tidak menggunakannya secara efisien, glukosa dapat menumpuk di aliran darah. Berbeda dengan orang dengan diabetes tipe 1, di mana tubuh mereka tidak dapat memproduksi insulin, penderita diabetes tipe 2 memiliki resistensi insulin.


Posting Komentar untuk "6 Ciri-ciri Diabetes di Usia Muda, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya"