7 Cara Menurunkan Kolesterol tanpa Obat dalam Waktu Cepat

Tentunya, dibantu dengan mengonsumi minuman penurun kolesterol di atas. Latihan fisik untuk menurunkan kolesterol yang keempat adalah berenang. Sejumlah tanaman herbal juga terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol maupun trigliserid. Jika jumlahnya memasuki 240 mg/dL, maka sudah dikategorikan kolesterol tinggi. Cara pertama menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan tanpa obat adalah menghentikan asupan lemak trans. Latihan fisik untuk menurunkan kolesterol yang pertama adalah jogging. Oleh karena itu, disarankan bagi penderita kolesterol untuk makan banyak makanan yang mengandung magnesium seperti tahu, tempe, pisang, gandum, alpukat, dan sayuran hijau. Contoh makanan yang kaya Omega-3 adalah ikan salmon, mackerel, tuna, dan sarden. Mereka dapat ditemukan dalam suplemen makanan laut dan minyak ikan. Makanan yang sudah diolah seperti gorengan, keripik, dan kerupuk juga mengandung lemak trans yang cukup tinggi. Makanan yang mengandung serat larut cukup beragam dan mudah diolah menjadi berbagai hidangan. Makanan menurunkan kolesterol selanjutnya adalah kale. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah sangat dianjurkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Demikianlah berbagai cara menurunkan kolesterol secara alami dan tanpa obat. Tanpa sadar, usia muda pun sudah dapat terserang kolesterol. Tingginya kadar kolesterol kita dapat kita ketahui dari hasil tes darah yang kemudian bisa kita kategorikan menjadi rendah, sedang, maupun tinggi.


%alt% Dilansir dari Healthline, Nieca Goldberg, Direktur Medis dari Joan H. Tisch Center for Women's Health di NYU Langone Medical Center, mengatakan, perlu waktu antara tiga hingga enam bulan untuk melihat angka kolesterol jahat yang lebih rendah, jika hanya melalui pola makan dan olahraga. Sekelompok orang dewasa berusia 50-65 tahun yang secara teratur meluangkan waktu untuk bersepeda mengalami serangan jantung 11-18 lebih sedikit selama periode 20 tahun dibandingkan mereka yang tidak. Jurnal Atherosclerosis menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang berpartisipasi dalam latihan ketahanan mampu membersihkan kolesterol LDL dari aliran darah dengan lebih cepat daripada mereka yang tidak. Dengan mengendalikan diri untuk berhenti merokok, setidaknya bisa terhindar dari berbagai penyakit akibat tingkat kolesterol yang tinggi. Kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Jika kolesterol tinggi, maka ada baiknya segera diturunkan dengan berbagai cara agar kondisi tubuh tetap sehat. Jika berdasarkan hasil pemeriksaan kadar kolesterol yang didapat tinggi, ada cara mudah untuk menurunkannya. Content has be en creat ed with GSA Content Gen᠎erat or D em​ov᠎ersi on !


Hal itu juga sebagaimana resep yang ditawarkan oleh Dosen Fakultas Farmasi Universitas Pancasila, Jakarta, Drs Sudhaswadi Wiryodidagdo yang secara impiris turun-temurun dipercaya sebagai penggelontor kolesterol. Banyak jenis buah yang kaya serat larut, yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Anggur kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Kadar LDL yang tinggi bisa menyebabkan penumpukan kolesterol di arteri, terang laman Medline Plus. Kita perlu membatasi lemak jenuh, maksimal 10 persen saja dari kebutuhan kalori harian, saran Medline Plus. Lemak trans ditemukan dalam makanan alami seperti daging sapi, daging kambing, dan susu. Mayo Clinic menjelaskan bahwa lemak trans terkandung pada makanan yang diolah menggunakan minyak terhidrogenasi yang merupakan minyak cair yang dipadatkan sehingga menambah level hidrogen yang dikandung. Minyak ini lebih murah dan tidak mudah untuk basi sehingga sering digunakan untuk mengolah makanan agar umur simpannya lebih lama. Minyak zaitun emang diketahui memiliki banyak khasiat untuk kesehatan sehingga bisa mengatasi dan mencegah penyakit-penyakit tertentu. Selalu konsultasikan masalah kesehatan Anda dengan dokter Anda. Jika Anda kelebihan berat badan, memangkas berat badan empat kilogram dengan perubahan pola makan dan olahraga bisa menurunkan kolesterol jahat sampai delapan persen. Merokok, konsumsi alkohol, makan makanan tinggi lemak, dan obesitas atau kelebihan berat badan dapat berpengaruh.


Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh adalah dengan mengubah gaya hidup dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Dibandingkan LDL yang cenderung menyebabkan masalah, HDL lebih dibutuhkan tubuh karena mampu melindungi tubuh dari penumpukan kolesterol. Pelari jarak jauh juga cenderung mengalami peningkatan tekanan darah yang lebih baik. Dalam sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan di Archives of Internal Medicine, para peneliti melaporkan bahwa pelari jarak jauh menunjukkan peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) yang lebih baik daripada pelari jarak pendek yang berlari kurang dari 10 mil seminggu. Dalam International Journal of Aquatic Research and Education, para peneliti tersebut mengungkapkan bahwa pria yang berenang memiliki risiko kematian 53%, 50%, dan 49% lebih rendah daripada pria yang tidak banyak bergerak, pejalan kaki, atau pelari. Cara menurunkan kolesterol bisa Sobat Pintar lakukan dengan menjauhi makanan yang mengandung lemak trans. Karena makan makanan alami saja masih belum bisa mencukupi kebutuhan Omega-3 harian, sebaiknya Parents juga mengonsumsi suplemen Omega-3. Mencampurnya dengan buah lain juga bisa menjadi alternatif agar Parents tidak bosan. Apabila tubuh kita menyimpan terlalu banyak kolesterol, itu bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.


Posting Komentar untuk "7 Cara Menurunkan Kolesterol tanpa Obat dalam Waktu Cepat"