Cara Mencegah Penyakit Diabetes pada Anak

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sebanyak 422 juta penduduk di dunia hidup dengan diabetes. Diabetes tipe 2 adalah diabetes di sebabakan akibatnya resistensi insulin akibat pola hidup yang buruk dan kondisi tertentu seperti mengalami obesiatas. Alhasil, kadar gula dalam darah meningkat karena tanpa bantuan insulin glukosa tidak dapat diserap oleh sel-sel tubuh dengan baik. Prevalensi Diabetes Melitus Tipe-1 di Indonesia meningkat tujuh kali lipat (700 persen) selama 10 tahun, dari 3,88 per 100 juta penduduk pada tahun 2000 menjadi 28,19 per 100 juta penduduk pada tahun 2010. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat sekitar 1.249 anak Indonesia dengan diagnosis DM Tipe 1 dari tahun 2017-2019. “Sejak September 2009 hingga September 2018 terdapat 1213 kasus DM tipe-1, paling banyak didapatkan di kota-kota besar seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan,” ungkap dokter Spesialis Anak yang berpraktik di Eka Hospital Cibubur. Pada tahun 2013, penderita diabetes di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 8,5 juta orang dengan rentang usia 20-79 tahun (dikutip dari Federasi Diabetes Internasional).  This post has ​been w ri᠎tt en ᠎with t he he lp of GSA C on te᠎nt G​enerat or  D᠎em᠎over si on .


Apa yang Menyebabkan diabetes? Memiliki kadar gula darah tinggi pada minggu-minggu awal kehamilan( antara 1 dan 13 minggu) dapat menyebabkan cacat lahir yang serius bagi bayi. Periksa kadar gula darah secara teratur. Kondisi ini membuat tubuh kesulitan untuk menghasilkan hormon insulin sehingga menyebabkan kadar gula darah meningkat dan merusak jaringan tubuh. Gejala diabetes bervariasi bergantung seberapa banyak gula darah yang meningkat dalam tubuh. Makan banyak serat dapat membantu mengontrol gula darah, terutama serat makanan larut. Anda harus mengatur dosis insulin Anda tergantung pada kadar gula darah, makanan, tahap kehamilan Anda, dan sejumlah faktor lainnya. Para dokter belum mengetahui secara pasti penyebab dari diabetes tipe 1. Faktor genetik memegang peranan dalam kondisi setiap orang. Hal ini dapat mempengaruhi baik kesehatan ibu maupun bayi yang belum lahir. Hal ini juga meningkatkan risiko Anda mengalami keguguran. Hormon sintesis yang dikenal sebagai desmopressin bisa menggantikan vasopressin yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh anda untuk menangani gejala diabetes. Gejala lainnya adalah rasa lelah, sakit perut, serta kulit kering dan memerah. Untuk melakukan deteksi dini, Anda bisa pergi ke pusat pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan oleh dokter dan tenaga kesehatan lainnya.


Pastikan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin untuk memastikan bahwa kadar gula anda masih berada pada titik aman. Makan makanan bergizi dan melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga berat badan, kadar kolesterol, serta tekanan darah anda. Rutin checkup. Lakukan pemeriksaan kandungan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan sesuai dengan usia kehamilan. Segera setelah kelahiran, kadar glukosanya bisa turun dengan sangat cepat dan menjadi terlalu rendah. Pada orang normal, kadar GDP seharusnya tidak melebihi 100 mg/dL, serta kadar TTGO kurang dari 140 mg/dL. Anda harus menargetkan olahraga tidak kurang dari 150 menit setiap minggunya. Hal ini dilakukan agar Anda tetap bisa mengontrol kadar gula darah dalam kondisi seimbang. Namun demikian, langkah pertama menuju pengelolaan kadar gula adalah insulin prandial yang diberikan sebelum makan dan insulin basal yang bekerja lebih lama. Plasenta memproduksi hormon yang membuat sel wanita hamil menjadi kurang sensitif terhadap efek dari insulin. Kadar gula yang jumlahnya tidak terkontrol dan berfluktuasi ini dapat menyebabkan seseorang dengan kondisi diabetes lebih rentan terhadap penyakit gusi atau mulut yang menyebabkan timbulnya nafas yang beraroma kurang sedap.


Diuretik (obat yang membantu tubuh anda untuk menangani kelebihan sodium dan air) dan aspirin atau ibuprofen bisa membantu untuk menangani gejala diabetes insipidus nefrogenik. Jika anda memiliki diabetes tipe 1 atau 2, anda bisa mengatasi gula darah anda dengan suntikan insulin atau obat lain. Seringkali, Anda juga harus bertemu dengan beberapa spesialis medis yang mengetahui satu atau dua hal tentang mengelola diabetes serta semua komplikasi yang mungkin timbul selama kehamilan bagi seorang wanita penderita diabetes. Terlebih, menurut WHO, diabetes merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia. Pada diabetes mellitus, penyebab dibedakan berdasarkan tipe-tipe diabetes. Pegang dan tahan ujung tes strip hingga darah menetes pada test strip tersebut, dan tunggulah hasilnya. Tak perlu berbondong-bondong menurunkan berat badan dengan target, lakukan secara bertahap dan penuh konsistensi. Kini, penyakit diabetes tak hanya menyerang orang tua, tapi juga anak muda. Selain itu penting mengetahui ciri-ciri diabetes di usia muda agar diharapkan dapat mencegah atau meminimalisir terjadinya komplikasi yang berbahaya. Sebaiknya konsultasikan dengan pendidik diabetes atau ahli diet agar Anda bisa menghasilkan strategi makanan sehat.


Posting Komentar untuk "Cara Mencegah Penyakit Diabetes pada Anak"