Cara Mengenali Potensi Penyakit Diabetes, Simak Ciri-cirinya Berikut Ini

Daftar Isi

Diabetes melitus tipe Glukosa sendiri berasal dari sumber makanan yang dikonsumsi lalu diolah tubuh dan menjadi sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Diabetes pada anak tipe 1 dapat memengaruhi organ utama di tubuh kita. Diabetes bukanlah penyakit menular, namun diabetes merupakan penyebab utama kebutaan, serangan jantung, stroke, gagal ginjal dan amputasi kaki. Kerusakan pembuluh darah menyebabkan aliran darah ke bagian tubuh terganggu, salah satunya ke bagian kaki. Indrawati, Sp.GK beberapa komplikasi diabetes adalah komplikasi pada pembuluh darah besar, yang meliputi stroke, penyakit jantung coroner, ulkus di kaki. Selain itu komplikasi pada pembuluh darah kecil, meliputi kelainan retina mata (retinopati), gagal ginjal (nefropati), kaki dan tangan sering kesemutan (neuropati), gagal jantung. Maka dari itu, olahraga menjadi salah satu solusi yang bisa mencegah berbagai penyakit pada ibu hamil, termasuk diabetes. Dewi Widyastuti Sp.PD, MSc, FINASIM dikutip dari kanal YouTube VDVC health berikut ini. Ini juga akan membantu para penderita diabetes mengetahui bagaimana tubuh bereaksi terhadap makanan tertentu.


Asupan gula harian sering berlebih karena konsumsi gula tambahan yang dicampurkan kedalam makanan dan minuman. Diabetes Mellitus (DM) timbul karena defisiensi sintesis dan sekresi insulin atau resisten terhadap kerja insulin. Diabetes mellitus merupakan suatu kelainan metabolik endokrin yang dialami seseorang ditandai dengan suatu peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Misalnya, tubuh menjadi lemas, suasana hati tidak menentu, dan ereksi yang dialami menjadi lemah. Insulin padahal memiliki tugas memasukkan glukosa ke dalam sel-sel tubuh, terutama hati dan otot. Dia menjelaskan, berdasarkan penelitian, penurunan berat badan telah terbukti meningkatkan kontrol gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan pengambilan glukosa dan mengurangi keluaran gula darah dari hati. Air minum secara teratur menghidrasi ulang darah, menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes. Minuman yang dimaniskan dengan gula hanya akan meningkatkan glukosa darah, mendorong kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko diabetes. Dengan tubuh yang sehat, para remaja dan anak-anak dapat lebih leluasa meraih prestasi dan juga cita-citanya yang tinggi. Tetapi secara tidak langsung, meditasi juga dapat menurunkan kadar gula darah. Selain itu, penurunan berat badan dapat memperbaiki kadar lemak tubuh, menurunkan tekanan darah dan mengurangi tekanan mekanis pada pinggul dan lutut. Dalam salah satu penelitian dilaporkan bahwa penurunan 5% berat badan dapat mengurangi kadar HbA1c sebanyak 0,6% (HbA1c adalah salah satu parameter status DM), dan setiap kilogram penurunan berat badan dihubungkan dengan 3-4 bulan tambahan waktu harapan hidup.


cara mengatasi diabetes di usia muda Data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan angka kejadian DM pada anak usia 0-18 tahun mengalami peningkatan sebesar 700% selama jangka waktu 10 tahun. Hal itu pada gilirannya dapat membuat infeksi lain lebih mungkin terjadi. Para pasien diabetes terkadang ada yang tidak ingin terus menerus mengonsumsi obat, ada alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit tersebut secara alami seperti mengonsumsi buncis, salah satu jenis sayuran hijau yang mampu mengembalikan kadar gula darah yang tinggi menjadi kembali normal, hal ini karena pada buncis terkandung zat yang mampu meningkatkan insulin yang cuma Sedikit. Pada Olimpiade 2032 Indonesia berharap sudah masuk 10 besar. Jadwal makan terdiri dari 3 kali makan besar untuk makan pagi (20%), siang (30%) dan sore (25%), serta 2-3 kali makanan ringan (10-15%) di antaranya. Tidak dianjurkan penurunan berat badan yang ekstrim karena akan berisiko lebih besar terjadi hipoglikemia. Diabetes dibagi menjadi dua tipe yaitu, tipe 1 dan tipe 2. Untuk tipe satu pencegahanya sulit dilakukan karena faktor keturunan. Oleh karena itu, tubuh menjadi lemas akibat tidak memiliki sumber energi. Hal ini disebabkan oleh kerja ginjal yang lebih berat dari biasanya karena harus menyaring kadar gula dalam darah yang berlebihan. Selalu memperhatikan porsi makan, jumlah karbohidrat yang tidak berlebihan sekitar 50 - 60% dari total kalori, kurangi konsumsi lemak jenuh seperti: jeroan, gajih dan sebaiknya memilih lemak nabati seperti olive oil atau minyak zaitun.


Konsumsi makanan sehat di pagi hari seperti buah dan susu tentu sangat membantu Anda untuk lebih bersemangat dalam beraktivitas. Tema Hari Diabetes Sedunia tahun ini adalah Access to Diabetes Care yang artinya akses ke perawatan diabetes. Olahraga fisik yang teratur, tidur yang cukup, dan latihan relaksasi dapat membantu cara mengatasinya. Lakukan Latihan fisik secara teratur 3-5 hari seminggu selama 30-45 menit, dengan total 150 menit per minggu, dengan jeda antar Latihan tidak lebih dari 2 hari berturut-turut. Maka dari itu, kondisi diabetes patut diwaspadai. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, maka dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. Ada beberapa gangguan komplikasi kesehatan yang bisa terjadi meski tidak secara langsung dan berkembang secara bertahap; jika tak ditangani segera, komplikasi diabetes tipe 1 dapat menjadi kondisi mengerikan yang bahkan membawa kematian bagi Anda. Prinsipnya, tidak perlu olah raga berat, olah raga ringan asal dilakukan secara teratur akan sangat bagus pengaruhnya bagi kesehatan. Di Indonesia berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan prevalensi diabetes menjadi 8,5% atau sekitar 20,4 juta orang Indonesia menderita diabetes. Th is was created ​with the  help of G SA Con tent G᠎en erat᠎or Dem ov er si​on!


Posting Komentar