Cara Menurunkan Asam Urat Darah

Daftar Isi

10 Makanan untuk Penurun Asam Urat (Tanpa Obat) Selain berpengaruh pada suasana hati, stres juga berdampak negatif pada kesehatan. Tanpa kamu sadari, berat badan berlebih bisa berpengaruh terhadap produksi asam urat dalam tubuh. Meniran hijau dipercaya dapat menghambat produksi asam urat berlebih dalam tubuh, sekaligus memecah dan membilas penumpukan kristal asam urat. Terlalu banyaknya produksi asam urat sebagai hasil metabolisme purin dari makanan. Beberapa jenis makanan yang harus dihindari karena mengandung purin yang tinggi antara lain daging merah berlemak, jeroan, unggas, dan makanan laut seperti cumi, udang, dan kepiting. Karena asam urat berasal dari pemecahan purin dan purin juga ada dalam makanan kita, penderita asam urat harus menjalankan diet rendah purin. Jenis-jenis makanan yang boleh dikonsumsi saat terkena asam urat di antaranya asam lemak esensial (misalnya tuna atau salmon), produk susu rendah lemak, karbohidrat kompleks (misalnya roti, sereal, pasta, nasi, dan sayur), dan buah-buahan (ceri, stroberi, blueberry, anggur, dan sebagainya). Konsumsi makanan rendah purin. Hal ini terjadi akibat kadar purin dalam tubuh yang terlalu tinggi.


Hal ini karena mereka memiliki hormon estrogen yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kualitas tidur yang buruk dan kurang olahraga bisa menyebabkan peradangan yang mampu meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Pada dasarnya, ginjal dapat mempertahankan asam urat dalam kadar normal. Bobot tubuh berlebih dapat menimbulkan gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea). Ya, kolesterol yang berlebih ini akan bisa menyebabkan menumpuknya lemak yang ada dalam darah yang akhirnya bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Penelitian yang terbit di jurnal Arthritis Research & Therapy menyimpulkan, konsumsi minuman manis yang mengandung fruktosa dapat meningkatkan kadar serum urate dan meningkatkan risiko penyakit radang sendi (gout), terutama bagi mereka yang memiliki indeks masa tubuh berlebih (kelebihan berat badan). Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda? Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Selain itu, mengonsumsi buah yang mengandung tinggi air juga dapat menjadi salah satu cara untuk melancarkan pengeluaran asam urat dari dalam tubuh.

This art ic᠎le has be​en c reat᠎ed ​by GSA C᠎ontent G enerator D᠎em ov​ersi on!


Menurut para ahli kesehatan, minum air putih dapat membantu melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk di tubuh. Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut. Jika gejala asam urat tak juga membaik setelah mencoba menurunkannya secara alami, Anda dapat mengonsumsi obat asam urat atau periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Purin sebenarnya penting bagi tubuh manusia karena dapat menjadi sumber energi dan protein bagi tubuh. Purin ini ada di sel-sel tubuh kita dari pemecahan makanan yang mengandung protein. Begitu pun dengan asam urat yang juga baik karena bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh agar tetap sehat. Kedua kondisi tersebut dapat memicu peningkatan risiko asam urat dalam darah, yang ditandai dengan adanya beberapa gejala. Kadar asam urat yang tinggi kerap menimbulkan gejala yang mengganggu, seperti rasa nyeri yang tak tertahankan. Tiga cara alami tersebut merupakan cara yang paling efektif untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Anda harus dapat mengklasifikasikan makanan mana yang kandungan purinnya sangat tinggi dan mana yang kandungannya cukup aman untuk tubuh. Kedua jenis olahraga ini dapat membantu mencegah stres dan melenturkan persendian melalui gerakan-gerakannya. Obat asam urat bisa membantu menurunkan kadar asam urat tinggi.


Bahkan cara ini terbukti efektif dapat membantu meredakan rasa sakit dan nyeri akibat kadar asam urat tinggi. Dengan minum air putih, dapat membantu mengangkut zat-zat racun dan yang sudah tidak terpakai, termasuk kelebihan asam urat. Meskipun penelitian ini menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mencegah atau mengobati asam urat, lebih banyak penelitian masih diperlukan sebelum kita dapat menyimpulkan hal ini. Jahe juga mengandung zat gingerol yang bisa membantu menenangkan rasa sakit. Zat anti radang yang dikandungnya dapat membantu mengendalikan rematik dan asam urat. Dengan menjaga kadar insulin tetap normal dapat menjadi salah satu cara mengatasi asam urat. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat, yaitu makanan dan minuman yang mengandung purin. Caranya, campurkan satu sendok makan kunyit bubuk dengan minyak zaitun. Akibatnya, sistem bertahanan tubuh bereaksi terhadap kristal asam urat dan timbullah reaksi inflamasi yang ditandai dengan kemerahan, bengkak, panas, peradangan, kekakuan, dan sangat nyeri. Penyakit asam urat sendiri merupakan radang sendi yang terjadi karena penumpukan kristal asam urat.


Posting Komentar