Diabetes dan Kehamilan: Tips Tetap Sehat

Daftar Isi

Diabetes melitus tipe Suntik insulin mungkin sudah begitu familiar di telinga banyak orang. Begitu kira-kira kesimpulan dari penilaian terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang dirilis tengah pekan ini. Hal ini diketahui sebagai akibat dari peningkatan sekresi hormon inkretin, namun para ahli belum dapat menentukan apakah metoda ini dapat memberikan kesembuhan bagi NIDDM dengan perubahan homeostasis glukosa. Menghindarkan diri dari stress, karena stress juga dapat memicu peningkatan komplikasi yang muncul akibat diabetes. Sebab menurut penelitian, ternyata biasa tidak sarapan justru dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga memicu diabetes saat hamil. Menurut sebuah studi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, sebanyak sembilan persen perempuan mengalami diabetes gestasional selama kehamilannya. Tak hanya suntikan insulin, kadar gula darah pun perlu dijaga oleh para penderita agar tetap dalam kondisi seimbang Yang paling baru, ada kabar yang menyatakan bahwa ada bukti yang mengaitkan diabetes tipe 1 yang berkembang pada anak-anak yang umurnya 18 tahun ke atas dengan infeksi enterovirus, menurut penelitian nasional dari Taiwan.

Bagaimana cara mengatasi gejala diabetes?This was c​re at ed  by GSA Conte nt G enerator Demoversion!


Seluruh hasil tes gula darah ini nantinya akan diperiksa oleh dokter dan diinformasikan kembali kepada pasien. Bobot tubuh yang sehat juga membuat gula yang ada pada pembuluh darah dapat masuk ke dalam sel dan digunakan untuk energi. Gestational diabetes adalah salah satu gangguan yang terjadi pada wanita selama kehamilan ketika kadar gula darah meninggi. Berdasarkan the American Diabetes Association (ADA), penelitian menunjukkan bahwa 61% orang yang baru didiagnosis diabetes melitus tipe 2, atau banyak disebut kencing manis, melaporkan rasa lemas atau lelah sebagai salah satu gejala. Anemia, atau dalam bahasa awam disebut dengan kurang darah, adalah kondisi ketika kadar Hemoglobin (Hb) di dalam darah rendah. Walau kondisi kaki bengkak disebut terjadi karena cairan yang tak dapat mengalir di kaki, namun kamu juga perlu untuk tetap menjaga asupan air di tubuh. Hal ini akan berpengaruh pada peningkatan sirkulasi darah dan mengurangi bengkak di kaki. Apabila mengalami gestational diabetes, Moms tentu harus sering mengunjungi dokter sehingga Moms bisa memantau tekanan darah dan kadar gula darah, mengawasi pola makan, rencana olahraga, dan menjaga berat badan. Para peneliti menyimpulkan bahwa jahe bisa menurunkan kadar gula darah, tapi tidak menurunkan kadar insulin.


Jahe sudah ribuan tahun lamanya digunakan untuk pengobatan tradisional, karena dipercaya bisa mengatasi masalah pencernaan dan peradangan dalam tubuh. Bahan alami untuk mengatasi diabetes lainnya yang bisa kamu gunakan adalah jahe. Glukosa atau gula darah dalam darah sangat vital sebagai bahan bakar untuk tubuh dan nutrisi penting bagi janin. Penting juga untuk mewaspadai tanda-tanda hipoglikemia dan bahaya gula darah rendah selama kehamilan. Diabetes mempengaruhi lebih dari 29 juta orang di Amerika Serikat, dan 1 dari 4 orang yang terkena tidak menyadari bahwa mereka menderita diabetes. Wanita dengan kadar gula darah lebih tinggi dari normal, apakah mereka memiliki gestational, tipe 1 atau tipe 2 diabetes, juga cenderung memiliki bayi yang lebih besar. Mereka juga berisiko tinggi untuk masalah kesehatan serius seperti kebutaan, gagal ginjal, penyakit jantung, dan kehilangan jari kaki, kaki, atau kaki.. Komplikasi pada bayi yang terjadi apabila ibunya mengalami riwayat diabetes selama kehamilan yang tidak terkontrol adalah adanya hipoglikemia neonatus, hiperbilirubinemia neonatus, makrosomia, dan kelainan kongenital. Hipoglikemia berat yang dialami oleh bayi, dapat mengakibatkan kejang pada bayi. Seperti yang disebutkan di atas, ibu hamil dengan diabetes gestasional tetap dapat melahirkan bayi yang sehat, Ma.


Ada lima cara mengatasi diabetes gestasional saat hamil yang bisa Mama lakukan. Hal yang wajar jika seseorang sering kencing karena banyak minum, namun apabila melebihi volume harian orang dewasa maka bisa menjadi gejala atau ciri-ciri terkena diabetes. Ciri-ciri awal diabetes tipe 2 lainnya adalah penglihatan kabur. Dapatkan saran mengenai cara menjaga gula darah, mengganti obat jika diperlukan, ataupun anjuran lainnya. Untuk mengendalikan kadar gula darah, Mama perlu melakukan pemeriksaan dengan rutin. Mama dapat melakukan beberapa pilihan berikut seperti berjalan, berenang, atau melakukan kelas aerobik prenatal. Bagaimana mengetahui apakah Mama sudah melakukan olahraga moderat atau bahkan terlalu berat? Konsultasikan dengan dokter mengenai jenis olahraga yang cocok untuk Mama. Insulin adalah hormon yang membantu glukosa untuk melewati darah ke sel-sel tubuh sebagai energi. Hipersekresi hormon ditengarai juga menginduksi diabetes tipe lain, yaitu tipe I. Sinergi hormon berbentuk sitokina, interferon-gamma dan TNF-α, dijumpai membawa sinyal apoptosis bagi sel beta, baik in vitro maupun in vivo. Insulin merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar pankreas yang berfungsi untuk menyerap glukosa atau gula, sehingga kadar gula dalam darah selalu terkontrol. Resistensi insulin adalah turunnya kemampuan insulin untuk merangsang pengambilan glukosa oleh jaringan perifer dan untuk menghambat produksi glukosa untuk sel hati. Dalam gestational diabetes saat hamil, Moms perlu memeriksa takaran karbohidrat dalam diet yang seimbang dan sehat.


Posting Komentar