Diabetes Tipe 1 Vs. Diabetes Tipe 2

Makanan apa saja yang bisa menurunkan gula darah? Untuk diabetes melitus waktu hamil ini perlu perawatan untuk menurunkan kadar gula dalam darah agar tidak memberi pengaruh kepada janin yang dikandungnya. Kata diabetes mellitus itu sendiri mengacu pada simtoma yang disebut glikosuria, atau kencing manis, yang terjadi jika penderita tidak segera mendapatkan perawatan. Kondisi ini tidak dapat disembuhkan, dan bisa di derita seumur hidup, penderita diabetes tipe 1 akan membutuhkan suntikan insulin serta diharuskan mengatur pola makan dan olahraga dengan begitu kadar gula darah tetap berada di dalam batas normal yang baik bagi tubuh. Akhirnya, kadar gula dalam darah tetap meningkat meskipun pankreas bisa menghasilkan insulin. Berolahraga secara teratur dapat membantu kadar gula darah tetap terjaga dan mengurangi risiko terkena diabetes. Konsumsi serat dapat membantu mengurangi risiko diabetes dengan meningkatkan kontrol gula darah. Hal mudah yang dapat kita lakukan untuk mengatur pola makan lebih sehat: hindari konsumsi gula berlebihan dan produk olahan yang mengandung gula. Kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan pembuluh darah pada retina tersumbat, bocor atau munculnya pembuluh darah baru sehingga menghalangi cahaya sampai ke retina. Gejala tipe 2 muncul secara bertahap dan lebih halus daripada yang terlihat pada tipe 1. Hal ini membuat awitan diabetes tipe 2 lebih sulit dikenali untuk pengobatan dini. Penderita diabetes mellitus tipe 2 umumnya memiliki kecenderungan mengalami gejala depresi. ​This  po᠎st has  been creat ed  wi᠎th t​he he​lp of GSA C᠎on tent Generat or DEMO!


Apa yang Menyebabkan diabetes? Diabetes terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang biasa disebut DM1 dan DM2 (singkatan dari diabetes mellitus tipe 1 atau 2), serta diabetes gestasional yang diderita ibu hamil, biasa disebut dengan DMG (singkatan dari diabetes mellitus gestasional). Tubuh pasien dengan DM tidak dapat memproduksi atau merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas, sehingga kadar gula darah dalam tubuh meningkat dan dapat menyebabkan terjadinya komplikasi jangka pendek maupun jangka panjang pada penderita diabetes mellitus. Batasi jumlah kalori terutama karbohidrat dan gula. Menjaga keseimbangan jumlah glukosa yang sehat dalam tubuh sangat penting - disinilah peran insulin. Lemak trans buatan sangat tidak sehat. Karena penyebab DM1 masih tidak diketahui, tipe ini sayangnya masih belum dapat dicegah. DM1 disebabkan oleh kerusakan pankreas, karena serangan oleh sistem kekebalan tubuh sendiri. Belum dapat diketahui apa yang menjadi penyebab kondisi iini terjadi, tetapi mungkin disebabkan oleh faktor psikologi karena efek metabolik yang terjadi dapat mempengaruhi fungsi otak. Kadar gula darah bisa mengalami perubahan, tergantung dari gaya hidup yang Anda jalani, makanan yang dikonsumsi atau efek samping obat. Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat Anda atasi dengan menggunakan kayu manis di mana aktivitas insulin bisa dirangsang dengan baik dan akhirnya kadar gula darah pun bisa menurun.

This data w᠎as do ne by G​SA C᠎ontent Gene​rato r  DEMO.


Ini bisa membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga kadar gula darah dan kolesterol di tubuh lebih terjaga. Sebagai gantinya, buat variasi dan porsi rencana makan yang pas untuk Anda sendiri. Artinya, menjaga berat badan ideal, mengatur pola makan rendah gula dan mengonsumsi lebih banyak serat dan karbohidrat kompleks, berolahraga secara teratur dan tidak merokok merupakan faktor penting untuk menurunkan risiko terkena diabetes. Olahraga atau aktivitas fisik secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan serta menurunkan kadar gula dalam darah. Mengutip situs kesehatan Mayo Clinic, penelitian juga menunjukkan bahwa aerobik menjadi salah satu jenis olahraga yang dapat membantu mengendalikan diabetes. Diabetes tipe 2 dapat dikontrol dengan pola makan dan olahraga. DM2 disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat: terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berkadar gula tinggi, terutama dari gula olahan, serta kurangnya olahraga, yang lantas mengakibatkan produksi insulin tubuh tidak dapat mengolah glukosa secara maksimal. Mengutip Healthline, sejumlah penelitian telah menunjukkan hubungan antara konsumsi gula dan karbohidrat olahan dengan meningkatnya kadar gula darah secara signifikan. Jadikan air mineral sebagai minuman utama Anda dan hindari konsumsi minuman berpemanis buatan yang banyak tersedia di pasaran.


Diet rendah karbohidrat memang dapat membantu Anda menurunkan berat badan pada awalnya. Kebanyakan orang dengan tipe 2 tidak mengonsumsi insulin dan artinya tubuh tidak bisa mengatasi dengan mudah apa yang Anda makan. Bayi dengan kondisi ini tidak menghasilkan cukup insulin, yang meningkatkan kadar glukosa darah. Akan tetapi, ketika mengalami resistensi insulin, tubuh tidak lagi peka. Makanan tinggi kalori, gula, dan berlemak dapat meningkatkan kadar gula darah, menyebabkan resistensi insulin, dan menurunkan sensitivitas insulin. Protein sangat penting untuk mengontrol gula darah karena mereka membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah usai makan, serta meningkatkan rasa kenyang. Masyarakat yang tinggal di area pesisir dan pegununganlah yang biasanya memanfaatkan buah merah dan ternyata buah ini juga dapat diandalkan dalam memperbaiki fungsi pankreas agar produksi insulin berjalan baik. Walaupun ada penderita yang dapat mengatur kadar gula hanya dengan diet, tapi banyak juga yang membutuhkan obat antidiabetik oral atau insulin (atau keduanya) untuk mengendalikan kadar gula darah.


Posting Komentar untuk "Diabetes Tipe 1 Vs. Diabetes Tipe 2"