15 Cara Menurunkan Kolesterol Jahat dengan Cepat!

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas fisik, seperti berjalan cepat, mengendarai sepeda, jogging di sore hari atau sekadar naik turun tangga. Jika kamu memiliki berat badan berlebih, tak ada salahnya untuk menurunkannya sedikit. Makanan dengan kalori rendah mampu mencegah terjadinya kenaikan pada berat badan Anda, seperti pada makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi. Karena pada saat stres, tubuh mengeluarkan hormon yang bernama kortisol yang sifatnya merusak organ tubuh. Jika Anda menganggap bahwa saat Anda telah melakukan pengobatan kolesterol dengan mengonsumsi obat-obatan, Anda akan bisa bebas makan makanan apapun, maka anggapan Anda selama ini salah. Tentu saja hal ini akan berpengaruh positif alias efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, di mana ketika kita berhenti mengonsumsi rokok maka tekanan darah dan detak jantung kita akan kembali dalam kondisi normal setidaknya setelah satu tahun setelahnya. Maka dari itu, bagi perokok wajib berhenti merokok, atau hindari asap rokok bagi yang bukan perokok. Kadar kolesterol HDL yang baik minimal 60 mg/dL atau lebih. Seperti yang kita tahu, peran sayuran dan buah sangatlah penting untuk tubuh kita dan salah satu manfaat dari mengonsumsi buah adalah untuk menurunkan kolesterol. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini pun kita hanya perlu mengonsumsi jus anggur tiap hari tanpa tambahan gula - dan kita bisa juga mengonsumsinya dalam bentuk buah.

Perubahan gaya hidup ini termasuk melakukan olahraga setiap hari setidaknya selama 30 menit dan menghindari berbagai gaya hidup lain yang mungkin menjadi penyebab kolesterol. Risiko ini akan semakin meningkat bila Anda mengonsumsi statin tanpa resep dokter, terutama bila Anda meminum antibiotik atau obat lain yang fungsinya sama secara bersamaan. Ambil contoh, konsumsi statin dan obat-obatan golongan lain yang tidak diperuntukkan untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan efek samping tertentu hingga berisiko menyebabkan cacat lahir. Jumlah konsumsi sayur dan buah yang disarankan untuk menurunkan kolesterol adalah sekitar 500 gram setiap harinya. Kolesterol memiliki keterkaitan erat dengan makanan yang kita konsumsi. Seperti yang kita ketahui, merokok memiliki sejumlah implikasi negatif bagi tubuh. Ia diproduksi di hati kita dan memiliki sejumlah fungsi penting. Pada buah anggur ini memiliki kandungan serat dan juga senyawa flavanoid yang ampuh turunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu kandungan nya yang kaya akan serat tersebut, mampu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Makanan kaya omega-3 dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna, sarden dan teri merupakan ikan yang kaya akan asam lemak omega-3.

Berdasarkan jenisnya kolesterol itu dibagi menjadi 2 jenis yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Lalu apa sih sebenarnya perbedaan antara kedua jenis kolesterol ini? Kacang-kacangan, sayur, buah dan ikan mengandung omega 3. Yang mana omega 3 ini ampuh menurunkan kadar kolesterol LDL dan juga trigliserida dalam darah. Selain itu, tingginya kandungan serat ang tinggi pada bayam juga berfungsi untuk menyerap kadar kolesterol jahat yang berlebih dan juga efektif untuk menghindarkan kita dari obesitas. Tentu saja hal ini karena tingginya kandungan isoflavon yang juga berfungsi untuk meminimalisir risiko timbulnya penyakit jantung. Bukan hanya itu saja, jeruk nipis juga sangat efektif untuk menghancurkan lemak pada tubuh yang berarti tidak akan ada lagi pembuluh darah yang tersumbat. Namun sering kali kolesterol jahat ini meninggalkan endapan kolesterol di dinding pembuluh arteri dan hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah meradang dan menyempit - serta berujung pada terbentuknya gumpalan darah. Bahkan CNN melaporkan bahwa kadar kolesterol orang Indonesia dan orang Amerika sama di mana hal ini disebabkan kebanyakan orang sering mengonsumsi daging merah - dan daging merah merupakan salah satu sumber makanan yang banyak mengandung kolesterol jahat.

hair Namun hal ini tidak selalu benar lho! Beberapa makanan yang mengandung serat larut ini adalah jeruk, pir, persik, kentang, asparagus, roti gandum, oatmeal, kacang merah. Makanan tinggi serat larut di antaranya adalah barley, gandum, kacang-kacangan, buah ara, ubi, biji-bijian, buah apel hingga beri-berian. Kolesterol jahat (LDL) adalah kolesterol yang biasa menumpuk pada dinding arteri yang mana bisa menyumbat aliran darah ke jantung jika kadar nya semakin tinggi. Di antaranya adalah menyumbat arteri, melemahkan tulang, meningkatkan peradangan, melemahkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), terang laman Web MD. Akhirnya akan terjadi penyumbatan dan risiko penyakit jantung pun meningkat. Selain itu, protein whey dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan menurunkan tekanan darah. Berdasarkan beberapa bukti ahli klinis, fenugreek dapat membantu diet dan menurunkan kolesterol. Sehingga mampu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL dalam darah. Kita perlu melakukan pemeriksaan ini setidaknya setiap 6 bulan sekali sehingga kita bisa tahu apakah kadar kolesterol kita masih dalam batas normal atau tidak. Memiliki kolesterol tinggi penting untuk menurunkannya kembali pada kadar normal. Banyak yang bilang mengonsumsi seafood akan meningkatkan kadar kolesterol jahat pada tubuh seseorang.

Posting Komentar untuk "15 Cara Menurunkan Kolesterol Jahat dengan Cepat!"