21 Makanan Penurun Kolesterol dan Cara Mengolahnya

brown Disarankan untuk melakukan olahraga minimal 30 menit selama lima kali seminggu, untuk mendapatkan manfaatnya dalam mengurangi kadar kolesterol. Perlu diingat bahwa perubahan gaya hidup ini perlu diupayakan secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang signifikan. Oleh karena itu, mengubah jenis makanan yang kamu makan dapat membantu mengontrol kadar kolesterol secara alami. Apel dipercaya mampu menurunkan kolesterol karena memiliki kandungan pektin yang cukup tinggi. Makanan seperti daging kambing, daging sapi, santan, hingga minyak kelapa merupakan daftar makanan yang mengandung kolesterol cukup tinggi. Kadar kolesterol baik HDL pada orang yang kurang tidur lebih sedikit daripada orang yang cukup tidur. Cara yang paling baik dan aman untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh Anda adalah dengan cara alami yaitu dengan menggunakan obat herbal. Cara alami di sini maksudnya dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang ada disekitar serta menjalani gaya hidup yang sehat. Setelah pembahasan tentang makanan mana yang boleh dikonsumsi dan mana yang sebaiknya dihindari, kali ini ada minuman yang dapat membantumu menurunkan kolesterol, yaitu teh hijau. Mengikuti yoga atau berendam dengan air hangat selama 10 menit setiap hari dapat membuat tubuh dan pikiran lebih rileks sehingga stres pun berkurang.

Menurut penelitian, konsumsi teh hijau setiap hari selama dua minggu akan mereduksi kolesterol total hingga 7 mg/dL serta kolesterol LDL hingga 2 mg/dL. Jika kamu mengonsumsi kedelai setiap hari selama sebulan penuh, kolesterol LDL kamu bisa tereduksi hingga sekitar 4 mg/dL. Sel imun pada tubuh perokok tidak bisa mengembalikan kolesterol dari dinding pembuluh darah untuk diangkut ke hati. Buah-buahan memiliki senyawa kimia yang dapat membatasi penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. Selain itu, buah-buahan juga bisa menaikkan kadar kolesterol baik LDL. Ini bisa sesederhana naik tangga bukan lift. Stres yang sudah parah menyebabkan tekanan darah naik dan risiko pengerasan arteri atau disebut dengan aterosklerosis. Makanan berserat mengandung kaya akan serat, yang sangat baik dalam meluruhkan penumpukan lemak jahat (LDL) dalam darah, sehingga mampu menurunkan kadar LDL dalam darah. Di dalam minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kadar kolestrol tinggi bisa menimbulkan penyumbatan aliran darah sehingga suplai makan menuju jantung akan terganggu dan bisa memicu penyakit jantung dan stroke. Merokok meningkatkan risiko penyakit jantung dengan berbagai cara, salah satunya merubah cara tubuh dalam memperlakukan kolesterol.

Lemak ini seringkali ditemui dari makanan yang diolah dengan cara digoreng dengan minyak. 4. Hindari makanan yang digoreng dan tinggi lemak. Pasalnya, teh hijau kaya akan antioksidan, sehingga bisa mencegah oksidasi kolesterol LDL dan pembentukan plak pada dinding arteri. Kamu bisa konsumsi biji-bijian, gandum utuh, lentil, buah-buahan dan oat. Berikut ini buah-buahan penurun kolesterol jahat yang bisa kamu konsumsi! Kamu bisa mulai konsumsi buah-buahan untuk memulai pola makan sehat. Kamu bisa menambahkan minyak kelapa organik pada resep diet kamu, kurang lebih satu sampai dua sendok makan saja setiap hari. Lemak jenuh umumnya ditemukan di daging merah, produk susu tinggi lemak, mentega, minyak kelapa dan keju. Sebaiknya, pilih kedelai yang melalui sedikit proses seperti susu kedelai. Batasi konsumsi daging merah serta produk yang mengandung susu sapi. Tanpa kita sadari, sehari-hari kita sudah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat dalam jumlah banyak. Kedelai padat akan protein dan mengandung isoflavon, komponen dari tumbuhan yang memiliki struktur serupa dengan estrogen. 

Stanol dan sterol adalah zat yang memiliki struktur yang mirip dengan kolesterol, bedanya kedua zat ini berasal dari tumbuhan. Karena oatmel penuh dengan serat larut, sehingga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Karena dalam proses diet, produksi kolesterol di hati juga berkurang. Cara menurunkan kolesterol selanjutnya adalah dengan makan banyak kedelai. Kamu bisa memulai dengan cara natural terlebih dahulu, lalu lihat hasilnya. Hal inilah yang bisa memicu penyakit jantung atau stroke. Dengan hidup sehat, maka ketahanan tubuh Anda akan meningkat sehingga Anda tidak rentan terkena penyakit dan dapat menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga. Tidur teratur dan berkualitas termasuk dalam langkah menyusun pola hidup sehat, bukan hanya pola makan dan olahraga. Dengan mengurangi berat badan, makan total kolesterol dalam tubuh otomatis berkurang juga. Sebab, makanan dengan kandungan gula tinggi bukan hanya berpengaruh pada penyakit kolesterol, tetapi bisa menyebabkan penyakit diabetes pula. Sejumlah penelitian kecil telah menemukan akar manis mengurangi kolesterol LDL dan penumpukan lemak, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan mengapa dan seberapa baik kerjanya. Akan tetapi jika Parents memiliki gangguan asam lambung, sebaiknya perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, ya. Kalau tidak terlalu berdampak atau kamu menginginkan hasil yang lebih cepat, kamu juga bisa bantu dengan suplemen, tentunya perlu mengikuti aturan dokter atau pakarnya.

Posting Komentar untuk "21 Makanan Penurun Kolesterol dan Cara Mengolahnya"